Perkiraan Harga Vaksin Kucing dan Jenis Vaksin yang Diperlukan Peliharaan

Selamat ya, Anda memperoleh teman atau anggota keluarga baru hewan kucing. Anak kucing atau kitten yang Anda adopsi akan menambah keceriaan hari yang akan dilalui. Untuk menjaga kesehatannya selalu baik, peliharaan perlu mendapatkan vaksin jika cukup umur. Selain itu, mungkin ada syarat lain yang diwajibkan sebelum memberi vaksinasi dari dokter hewan.

Perkiraan Harga Vaksin Kucing


Sebagian besar pemilik hewan sering merasa ragu berkunjung ke klinik, puskeswan atau rumah sakit hewan. Beberapa asumsi yang sering muncul adalah seputar harga vaksin kucing yang belum diketahui. Sebagian mungkin mengkhawatirkan keadaan kucing pasca vaksinasi.

Secara keseluruhan pemberian vaksinasi untuk hewan peliharaan, baik kucing maupun anjing tidak bermasalah seperti dibayangkan sebagian orang. Ketika kucing Anda diberikan vaksinasi, maka sistem kekebalan tubuhnya menjadi semakin kuat terhadap infeksi yang di akibat virus, kuman atau bakteri.

Harga vaksin kucing umumnya masih tergolong murah dan terjangkau untuk sebagian besar kantong pecinta hewan. Harga yang tercantum berikut, kemungkinan bisa berbeda disesuaikan pada ras kucing, misalnya ras murni Persian, Anggora dan sejenisnya, kelompok berbeda bisa dinilai ras mixdome dan lokal diluar dari jenis jantan atau betina.

Dikutip dari beberapa sumber, berikut harga vaksin kucing untuk kategori lokal

  • Vaksin Tricat sekitar Rp. 50.000-200.000
  • Vaksin Tetracat sekitar Rp, 100.000-200.000
  • Vaksin rabies sekitar Rp. 15.000-50.000

Selain 3 jenis vaksin ini, ada beberapa jenis vaksin lainnya yang direkomendasi untuk hewan peliharaan kucing. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menanyakan kepada petugas yang melayani atau dokter hewan di klinik hewan, puskeswan dan rumah sakit hewan.

Pemakaian jenis vaksin untuk kucing, kemungkinan besar menggunakan jenis standar dan untuk harga yang lebih mahal dimunngkinkan memakai jenis berbeda.

Perkiraan harga vaksin kucing diatas bisa dibedakan atas jantan atau betina, merek vaksin dan faktor lainnya. Rata-rata harga vaksinasi untuk kucing hanya berbeda tipis tergantung wilayah di tempat Anda.

Cara mendapat harga vaksin gratis untuk peliharaan

Untuk mendapatkan vaksinasi kucing yang agak murah, biasanya pemilik kucing mengunjungi Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) setempat. Dinas terkait dengan hewan pada moment tertentu sering mensosialisasikan masyarakat untuk memberi vaksinasi untuk kucing dan anjing lokal, jika Anda beruntung kemungkinan besar akan mendapatkan pelayanan secara cuma-cuma atau gratis karena diselenggarakan oleh pemerintah. Umumnya vaksin gratis hewan peliharaan dikhususkan bagi masyarakat dengan identitas Kartu Tanda Penduduk (KTP) sama di wilayah setempat, disamping itu Anda perlu menyiapkan syarat lainnya yang diperlukan sebelum melakukan vaksinasi hewan dan menyesuaikan jadwal pelaksanaannya karena dilakukan secara bergelombang untuk kuota tertentu.