Cara Memilih Anjing Pudel yang Bagus

Sumber Pixabay

Banyak ras anjing yang bisa Anda andalkan menjadi teman di rumah. Dari beberapa kelompok yang cukup populer, Pudel atau anak anjing Poodle memiliki kharisma yang diinginkan anggota keluarga.

Pada tulisan kali ini jika Anda memutuskan mengadopsi anak anjing pudel, artikel ini akan membantu Anda menemukan cara memilih anak anjing Poodle yang bagus.

Kelebihan tiap ras anjing punya keunggulan masing-masing. Selain kesetiaan yang tinggi pada majikan, hewan peliharaan membawa kriteria spesifik yang lebih menonjol. Alasan lain mengapa Anda memerlukan tips sederhana cara memilih anak anjing pudel yang bagus sebelum adopsi adalah mereka akan menjadi sahabat Anda paling tidak 12 - 15 tahun lamanya.

Tips 1

Hal yang pertama dalam tips memilih anjing pudel memastikan keinginan Anda mengadopsi mereka. Sebagian calon majikan ada yang mencari ras anjing untuk teman anggota keluarga, sementara ada juga calon pemilik melakukan secara spesifik untuk ras anjing show.

Ras anjing show atau ras unggulan yang biasanya membawa genetik induk sebelumnya cenderung ikut serta dalam kontes perlombaan asosisasi hewan resmi.

Jika Anda mencari ras anjing untuk perlombaan kontes. Hal yang utama mengenal syarat dasar mengikuti ajang tersebut. Misalnya melihat pedoman asosiasi yang menaungi wilayah Indonesia atau bisa juga membandingkan dengan kriteria anjing kontes dari Amerika Kennel Club.

Tips memilih anak anjing pudel yang baik di awal

  • anjing yang sehat memiliki penglihatan yang tajam
  • menentukan jenis kelamin yang diinginkan (jantan/betina)
  • menetapkan warna bulu yang diinginkan
  • karakter awal yang diharapkan dalam anabul tersebut

Umumnya warna bulu anjing pudel bervariasi. Bisa saja wana bulu mereka terlihat putih, hitam, krem, perak, keabuan, coklat, hingga biru keabuan. Jadi pilihan warna bulu hewan peliharaan yang diharapkan kembali pada harapan adopter tersebut.

Pada pilihan jenis kelamin anjing pudel. Jika Anda memilih betina maka karakter mereka cenderung menjadi pemimpin karena watak jantan ras pudel lebih santai.

Untuk kepribadian yang dimiliki anjing pudel secara umum, mereka jenis peliharaan yang menyukai bermain dan menyenangkan majikan.

Tips 2

Menentukan ukuran pudel yang cocok dengan tempat tinggal Anda. Seperti dilansir Amerika Kennel Club (AKC), Ras anjing pudel yang terdaftar memiliki 3 pilihan yang berbeda-beda. Secara singkat mereka memiliki ukuran standar, miniatur dan toy dengan ciri spesifik.

Jika diurutan berdasarkan dari terbesar hingga yang terkecil. Ukuran anjing pudel dimulai dari ukuran standar, miniatur dan toy.

Secara keseluruhan aktivitas anak anjing pudel hingga mereka dewasa bisa nyaman di hunian tidak luas seperti apartemen. 

Sementara pilihan ukuran pada ras pudel standar yang memiliki bobot agak lebih besar membutuhkan ruang yang baik mengekspresikan energi mereka.

Tips 3

Memulai mencari peternak atau Pet Shop memiliki reputasi baik. Ada banyak peternak menawarkan ras anjing yang dikembangbiakan secara spesifik dan memiliki reputasi baik.

Cara mendapatkan peternak dengan reputasi baik tersebut adalah setiap keterangan yang disampaikan kepada calon adopter biasanya memiliki kemampuan menjelaskan secara jelas tentang kesehatan anak anjing tersebut.

Beberapa penjelasan umum yang bisa Anda peroleh dari peternak reputasi baik tersebut diantaranya surat kesehatan dari dokter hewan, jaminan kesehatan, pilihan waktu melihat kehidupan anak anjing pudel tersebut apakah cocok di rumah Anda, syarat dan ketentuan pemgembalian anak anjing tersebut, cara memberi makan, catatan vaksinasi, catatan pemberian obat cacing dan dokumen lain yang mungkin ditunjukan peternak seperti terdaftar sebagai ras anjing asli.

Tips 4

Setelah Anda memutuskan cocok untuk melakukan pertemuan dengan peternak. Saat datang berkunjung adalah mengamati tempat tinggal anak anjing tersebut. Lihat apakah di piring atau wadah makanan dan minuman mereka bersih. Memiliki tempat tidur yang baik hingga mencari pup mereka. 

Pup anak anjing yang dirawat dengan cinta mengindikasikan peternak benar-benar merawat mereka sehingga Anda tidak merasa khawatir mereka berada dalam lingkungan tidak sehat.

Tips 5

Lakukan pembicaraan dengan peternak tersebut untuk mengali seberapa banyak pengetahuan mereka tentang ras anjing pudel. Peternak ras anjing spesifik rata-rata memiliki pengetahuan yang baik karena mereka menginginkan hewan peliharaan mereka dalam kondisi prima. Jika Anda sudah yakin dengan jawaban mereka, mintalah bantuan memilih anak anjing pudel yang diinginkan.

Tips 6
Untuk mendapatkan anabul pudel yang bagus. Hal pertama yang Anda lihat adalah bulu mereka. Anabul pudel yang sehat maka tampilan bulunya tampak mengkilap. Periksa pada mata kemungkinan keluarnya cairan yang mengindikasikan sedang sakit.

Ciri anak anjing pudel yang sehat secara umum

  • tampilan bulu sehat dan mengkilap
  • mata tidak mengeluarkan cairan seperti air mata berlebihan
  • perut tidak terlihat kembung dan sedikit membulat
  • warna mata hitam terang 
  • telinga bersih dari tungau atau penyakit
  • postur telinga mengantung di bawah mata
  • pola gigi gunting menyatu secara normal

Tips 7

Cara memilih anabul pudel yang bagus lainnya adalah mengamati aktivitas mereka. Anak anjing yang berinteraksi dengan saudara mereka (jika ada) sangat tepat untuk Anda.

Anak anjing pudel yang duduk sendirian dan seolah enggan berpartisipasi dengan saudara mereka memiliki kecenderungan akan sulit berperilaku normal setelah dewasa jika tidak dilatih sejak kecil.

Sementara anabul yang terlihat agresif akan tampak dari aktivitas mereka yang terus mendorong saudara mereka. Baik itu mendapatkan makanan sebagai sosok pertama atau meloncati anak anjing yang lain.

Jika Anda memiliki anak anjing pudel yang berwatak agresif atau aktif ini. Untuk kedepannya Anda memerlukan waktu tambahan dan beberapa keahlian spesifik melatih mereka. Anak anjing yang aktif seperti ini akan tumbuh sebagai hewan peliharaan yang energik dan mudah bergaul dengan hewan lain.


Terima kasih kk sudah membaca tulisan sederhana ini. Jika artikel dunia hewan bermanfaat, jangan lupa juga dibagikan ke teman yang membutuhkan informasi ini. Indahnya berbagi....