Apakah Kucing Juga Kentut?

Pernahkah Anda berpikir hewan peliharaan yang dirawat akan kentut?

Untuk Cat lovers yang terbiasa memperhatikan perilaku kucing mereka sehari-hari, kentut pada kucing bisa terjadi karena peristiwa yang alami berlangsung pada makhluk hidup.

Kucing yang mengalami fungsi gastrointestinal sebagian akan membuat perut menjadi kembung hingga mengeluarkan aroma yang aneh tersebut.

Meski kebiasaan kucing melakukan kentut tidak sesering manusia atau hewan peliharaan lainnya seperti anjing. 
Penyebab kucing kentut


Pemicu kucing kentut


Cat lovers perlu mengetahui beberapa pemicu kucing Anda bisa kentut. Ketika perut mereka menjadi kembung akibat dari penumpukan gas, secara umum berpusat di sistem pencernaan mereka. Gas yang tersimpan sedemikian banyak perlahan dilepaskan tubuh secara alami sehingga tidak perlu menjadi rasa khawatir berlebihan.

Faktor penyebab kucing Anda bisa mengalami perut kembung, bisa berasal dari banyak kemungkinan. Faktor umum yang sering terjadi pada hewan peliharaan seperti kucing atau anjing diantaranya menelan terlalu banyak udara atau masalah seperti alergi dan pengaruh dari makanan yang mereka makan. 

Faktor eksternal yang dimungkinkan membuat kucing kentut seperti timbulnya alergi berasal dari debu, serbuk di udara, kutu yang menghambat organ pencernaan mereka.

Jika kucing menunjukkan gejala kentut akibat dari faktor eksternal. Dimungkinkan dengan tanda penyerta lain seperti muntah hingga diare.

Tanda dan ciri-ciri pada kucing kentut yang berlangsung lebih dari 1 hari dan biasanya tidak bisa berkurang, sebaiknya Anda memeriksakan mereka ke dokter hewan terdekat.

Pada umumnya kucing yang sehat bisa mengalami kentut. Faktor pengaruh seperti alergi terhadap makanan sehingga memicu gas secara berlebihan.

Cara memastikan kucing kentut bukan dari makanan mereka


Untuk memastikan dugaan Anda bahwa kucing yang kentut bukan dari makanan mereka, dapat memulai memilih makanan kucing yang tepat.

Langkah awal mencegah dan mengurangi gejala kentut pada kucing melalui makanan adalah memilih jenis makanan kucing yang seimbang dengan vitamin dan mineral sesuai kebutuhan tubuh mereka. Beberapa faktor pertimbangan lain memilih makanan khusus kucing tidak mudah kentut adalah memperhatikan kebutuhan nutrisi mereka berdasarkan usia hingga berat badan mereka.

Jika Anda mengalami kesulitan menemukan makanan spesial untuk kesehatan mereka menangani gejala kentut, beberapa ahli kesehatan sering merekomendasikan makanan kucing seperti Prescription diet yang diformulasi secara khusus untuk pencernaan kucing.

Sebab kentut pada kucing akibat kesehatan


Sebagian hewan peliharaan kucing memiliki kemampuan yang tinggi mentolerir zat makanan yang terdapat dalam asupan mereka. Pada kucing yang sehat juga mampu mengurai makanan yang berasal untuk manusia. Sementara beberapa dari ras kucing yang terlalu sering menerima makanan dari manusia terus menerus dapat membuat ketidakseimbangan nutrisi secara lengkap.

Kebiasaan hewan peliharaan yang mudah kentut secara umum tidak perlu dikhawatirkan. Jika perut kucing selalu kembung, ada baiknya memeriksakan mereka ke dokter hewan terdekat.

Pada kasus yang sangat jarang, perut kucing dapat menjadi kembung akibat kesehatan yang terganggu oleh penyakit seperti Tritrichomonasfoetus. Untuk memastikan gangguan pencernaan pada kucing Anda mengakibatkan respon kentut, rata-rata penyakit Tritrichomonasfoetus disertai gejala kucing menjadi diare, muntah dan melakukan kentut berlebihan.

Terima kasih kk sudah membaca tulisan sederhana ini. Jika artikel dunia hewan bermanfaat, jangan lupa juga dibagikan ke teman yang membutuhkan informasi ini. Indahnya berbagi....