Ciri Short Spine Syndrome pada Anjing


Belum pernah mendengar Short Spine Syndrome atau melihat postur hewan peliharaan tampak aneh dari ras anjing sejenisnya dengan ciri-ciri spesifik?

Sindrom tulang belakang pendek (Short Spine Syndrome) pada anjing memiliki kemiripan dengan tubuh makhluk hidup lainnya ketika perkembangan organ dan fungsi lain tidak bertumbuh seperti seharusnya.

Jika Anda memperhatikan ciri sindrom tulang belakang pendek pada anjing. Rata-rata postur tubuh hewan akan terlihat membungkuk dibanding ras anjing yang sama.

Short Spine Syndrome yang terjadi pada anjing termasuk jarang dialami dan tahun 2020 hanya terlihat pada 20 anjing secara global mengalami.

Apa Short Spine Syndrome pada anjing?


Secara umum Short Spine Syndrome (sidnrom tulang belakang pendek) pada anjing adalah bentuk tulang mereka yang secara singkat tidak berkembang seperti ras yang sama.

Ciri pada anjing yang mengalami sindrom tulang belakang pendek mungkin tidak selalu sama namun beberapa peristiwa umum yang terjadi menunjukkan indikasi sebagai berikut:
  • bagian punggun tampak miring
  • pola leher hewan tidak sama dengan ras sejenis
  • panjang kaki belakang anjing lebih panjang dibanding kaki depan mereka
  • rahang memanjang
  • sebagian anjing Short Spine Syndrome tidak berekor atau ukuran ekor lebih pendek dari ras sejenisnya
  • memiliki kecenderungan tubuh lebih kecil dari ras yang sama
  • pertumbuhan tulang belakang tidak maksimal sehingga selalu berwujud tulang rawan bukan menjadi tulang yang kuat
  • kemungkinan sebagian tulang belakang menyatu sehingga penampilan anjing terlihat membungkuk dan memiliki kendala bergerak terbatas

Ada banyak kemungkinan yang terjadi pada anjing mengalami sindrom tulang belakang pendek yang memerlukan pemeriksaan dokter hewan terdekat. 

Dilansir dari Dr Steve J. Mehler, staf ahli spesial bedah Hope Veterinary menyebutkan anjing yang mengalami Short Spine Syndrome dimungkinkan juga terlihat tidak memiliki leher.

Pengaruh Short Spine Syndrome pada anjing


Tidak normalnya pertumbuhan tulang belakang anjing yang lebih pendek dengan ras sejenis membuat hewan tampak pada leher yang seolah-olah tidak terlihat sama sekali.

Beberapa pengaruh yang terjadi pada aktivitas mereka mengalami sindrom tulang belakang pendek biasanya kesulitan melihat situasi di belakang mereka.

Anjing yang menghadapi gangguan kesehatan pada tulang khususnya di leher akan sulut menoleh secara cepat yang biasa dilakukan ras mereka.

Pengalaman pada anjing yang memiliki kelainan tulang belakang lebih pendek secara umum dapat hidup bahagia seperti hewan normal lain. Dog lovers tidak perlu merasa khawatir berlebihan tentang mereka.

Beberapa penurunan aktivitas yang tidak sama pada anjing Short Spine Syndrome diantaranya:
agak sulit mengendus atau mengambil makanan dengan membungkuk. Mereka memerlukan waktu yang lebih lama
agak sulit bersaing dengan anjing lain bermain permainan ketangkasan berwujud mengambil 
respons menoleh dan memutar leher perlu waktu.

Terima kasih kk sudah membaca tulisan sederhana ini. Jika artikel dunia hewan bermanfaat, jangan lupa juga dibagikan ke teman yang membutuhkan informasi ini. Indahnya berbagi....