Berdasarkan rangka tubuhnya katak termasuk hewan?

Dok. Pixabay.com

 Katak adalah hewan yang memiliki kemampuan untuk hidup di 2 alam secara bersamaan. Mereka sering disebut makhluk amfibi karena bisa berkembangbiak dan hidup di air atau di darat sesuai kondisi lingkungan tempat tinggal mereka.

Kelebihan yang dimiliki katak untuk berkembangbiak di 2 dunia yang berbeda karena faktor pengaruh sistem pernapasan mereka terdiri dari paru-paru dan kulit.

Sebagai hewan amfibi yang bisa berkembangbiak di dua alam berbeda, katak akan mencari habitat tempat tinggal berdekatan dengan air.

Tujuan katak mencari lingkungan yang terdapat air adalah menjaga suhu dan permukaan kulit mereka selalu lembab.

Berdasarkan rangka tubuhnya katak termasuk hewan?


Jika kita melihat berdasarkan rangka tubuhnya katak termasuk hewan vertebrata. Tubuh katak yang tersusun dengan kerangka seperti tulang belakang, membuat mereka kelebihan lain seperti tulang kaki yang elastis untuk meloncat jauh dan digunakan untuk berenang dalam air.

Ciri katak sebagai makhluk hidup

  • kelompok hewan berdarah panas
  • mampu melakukan metamorfosis sempurna
  • cara bernapas mereka berbeda-beda menyesuaikan usia. Saat berudu menggunakan insang dan ketika dewasa bernapas dengan paru-paru dan kulit
  • cara berpindah tempat dengan meloncat
  • cara berkembang biak katak dengan bertelur

Demikian tulisan tentang Berdasarkan rangka tubuhnya katak termasuk hewan? semoga bisa memberi manfaat untuk kita semua.